Sentra Batik Kopat Kulon Progo Semakin Membahana

Kulon Progo – Sedikitnya sembilan perajin batik di Sentra Batik Kopat Desa Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo mulai merilis brand atau merek dagang di pasar maya.

Melaui media sosial sembilan merek dagang atau brand mereka bahkan mendapatkan banyak pujian karena produknya unik dan kreatif.

Seperti munculnya brand  Van Batik, Primadana Batik, Batik Banyu Langit, Windita Batik yang tiba – tiba mengguncang media sosial dinilai sangat menakjubkan.

” Kita sempat kaget lho, nggak ada angin nggak ada hujan tiba tiba muncul brand baru dengan motif yang unik kreatif, benar benar sebuah kejutan. Surprise,” ujar Sri Harmintarti Kepala Dinas Kopetasi dan UMKM Kabupaten Kulon Progo, kemarin.

Saat mengunjungi beberapa perajin Harmintarti bahkan menyatakan salut atas kerja keras dan kerja cerdas para perajin karena mereka benar – benar memulai dari nol dan dengan cepat berkibar.

“Kerenlah, apalagi mereka mandiri kerja konkrit. Hingga mereka muncul di pasaran belum pernah meminta dukungan pemerintah, salut. Kita sangat apresiasi,” katanya.

Setelah kini banyak brand bermunculan tugas pemerintah mendampingi dan mensuport hingga terwujudnya kawasan sentra yang bisa menggerakkan banyak sektor ekonomi.

“Maka kita sepakat Sentra Batik Kopat menjadi kawasan wisata batik, sekaligus kawasan ekonomi kreatif, ” tambahnya.

Dukungan pun mulai disiapkan pemerintah melalui beberapa program seperti pelatihan dukungan instalasi pengelolaan limbah, kawasan bazar dan ikutannya.

Sementara Ketua KUB Batik Kopat, Wartono mengatakan, tahap awal ini ada sembilan perajin yang sudah siap tempur dengan memasang papan nama serta menggenjot produksinya.

Tiga bulan ke depan kawasan sentra diharapkan sudah rapi dan sepanjang jalur sentra sudah terang benderang sehingga nyaman untuk dikunjungi wisatawan maupun tamu.

“Pelan namun pasti, kita terus bekerja berkarya secara kreatif nyaris tidak banyak bicara. Istilahnya kita ini pada tahap prihatin sembari bermunajat pada yang kuasa, agar diberi jalan mudah manfaat dan maslahat, ” ujarnya.

Ia berharap sentra ini bisa menyerap banyak tenaga kerja dan menibgkatkan perekonomian warga sekitarnya. (gus)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *