Batik Abstrak Tie Dye, Inovasi Super Gemblung dari Batik Sekar Batu Kulon Progo

Batik Sekar Batu, produsen batik asal Dusun Bleberan, Kalurahan Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meluncurkan inovasi produk tidak biasa yakni batik abstrak tie dye. Sebuah perpaduan dari batik lukis abstrak dengan teknik pewarnaan tie dye yang sedang trending saat ini.

Pemilik Batik Sekar Batu, Suyono Sugondo mengatakan inovasi ini merupakan inovasi super gemblung yang lahir dari coba-coba.

“Awalnya kita cuma coba-coba mengkombinasikan batik abstrak dengan teknik tie dye atau jumputan, ternyata hasilnya bagus dan banyak yang suka,” ujarnya.

Karena banyaknya permintaan yang datang, Sugondo memutuskan untuk memperbanyak produk batik abstrak tie dye buatannya.

Dia menjelaskan batik abstrak tie dye pastinya masih menggunakan batik lukis abstrak khas dari batik sekar batu. Kemudian dikombinasikan dengan pemutih pakaian yang membuat warna yang ada terkesan luntur, namun menghasilkan corak-corak menarik.

“Corak-corak yang timbul ini sifatnya spontan, tidak bisa diprediksi, kita hanya mengira-ngira awalnya tapi hasil akhirnya adalah sebuah kejutan. Inilah yang bikin batik abstrak tie dye sangat istimewa,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *