Batik Gemblung Ala Hermawan Zudanto Makin Gemblung

Kulon Progo – Industri batik di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggeliat dengan munculnya para perajin muda sekolahan.

Bukan hanya menggeliat, bahkan industri batik di wilayah ini mulai memperlihatkan tajinya dengan konstruksi motif yang luar biasa out of the box dan gila.

Salah satunya Hermawan Zudanto, pengelola Batik Rina, di Sapon, Sidorejo, Lendah, Kulon Progo.

Anak muda lulusan FIK UNY Yogyakarta ini memilih menekuni industri batik ketimbang menjadi guru olah raga.

“Panggilan jiwa ini, saya pernah bekerja di sebuah perusahaan leasing, tapi kok hati dan jiwa saya ada di batik. Maka saya turuti kata hati saya, dan di sini saya menemukan dunia saya, dunia seni batik,” katanya.

Apalagi sekarang sering ketemu para perajin muda batik Kulon Progo dengan banyak ide-ide gila, seperti batik sableng aluias tidak waras, batik ora genah alias sak karepe dewe, maka makin menarik.

Maka Zudanto pun mendlekarasikan diri sebagai pebggiat batik gemblung bersama sejumlah penggiat batik abstrak lainnya di wilayah ini.

Hasilnya, kini Zudanto telah melahirkan aneka motif yang waoouw. seperti batik Kasmaran Aceh, Semrawut, dan Batik Ketiban Bronto, serta Batik Gemblung.

Perjalanan satu setengah tahun mengeksplorasi batik ternyata membuat Hermawan Zudanto juga makin “gila” setidaknya gila membuat karya yang keren dan milenial banget.

Coba saja bertandang ke galeri sekaligus rumah tinggalnya pasti banyak kejutan yang amazing, karena batik karyanya selalu nampak cerah berwarna dan berciri khas coletan nan unik. (gon)

2 thoughts on “Batik Gemblung Ala Hermawan Zudanto Makin Gemblung

  1. Terimakasih bapak sugondo sudah mampir di rumah produksi Batik Rina. Monggo bila memerlukan nomornkongak kami bisa melalui Whatsapp di 087780843072 atau bisa melalui instagram kami @batik.tulis.rina atau facebook hernawan zudanto (batik rina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *