PPDI Pusat Road Show Hingga Kecamatan Guna Memacu Kinerja Perangkat Desa

Wonosobo- Sebagai upaya ikut meningkatkan kinerja perangkat desa, Paguyuban Perangkat Desa Indonesia ( PPDI ) pusat mengadakan road show hingga ke tingkat kecamatan.

Jumat ( 18/9) PPDI berada di aula Kantor Desa Pecekelan Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Hadiri pula oleh Pengurus Persatuan kepala Desa Kabupaten Wonosobo (PKKW), Pengurus PPDI Kabupaten Wonosobo.

Bambang P, S.H selaku Ketua PKKW menyampaikan apresiasi kepada PPDI daerah maupun pusat karena sudah mau bersama sama memperjuangkan kepentingan perangkat demi kemajuan desa.

Ia menyampaikan meskipun antara perangkat desa dan Kepala Desa mempunyai induk organisasi yang berbeda akan tetapi mempunyai tujuan yang sama,

Di Wonosobo sendiri perangkat desa dan kepala desa di tempatkan pada satu wadah yang sama yaitu persatuan kepala desa dan perangkat desa Kabupaten Wonosobo, dan dari kebersamaan yang terjalin dengan baik ini Kabupaten Wonosobo dapat membangun ruang sekretariat bersama dari hasil uang iuran antara kades dan perangkatnya.

Bahkan ini menjadi satu-satuya kabupaten di Jawa Tengah yang telah mempunyai gedung sekretariat sendiri.

Dalam arahanya Sarjoko selaku Sekjen Pusat PPDI berpesan di hadapan para perangkat desa untuk menjaga loyalitas kepada kepala desa demi kemajuan dan kemakmuran desa, mengingat perjalanan roda pemerintahan desa tergantung dari adanya komunikasi yang baik antara kades dan perangkatnya.

Disinggung pula perjuangan PPDI telah banyak memberi manfaat kepada perangkat desa antara lain, penetapan Kemendagri Nomor 67 tentang masa jabatan yang sebelumnya dari 12 tahun yang sekarang menjadi usia 60 tahun, serta adanya kesetaraan penghasilan sesuai ASN golongan 2A yang sudah berjalan dan masih banyak lagi perjuangan- perjuangan yang telah dapat kita rasakan.

Oleh sebab itu sebagai bentuk rasa syukur dan tanggungjwab untuk menunjang kinerja perangkat desa ia berharap kepada pemerintah pusat agar memberikan sedikit ruang waktu bagi perangkat desa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi, hal ini yang sedang PPDI pusat usulkan.

Ia juga meminta kepada pemerintah akan kejelasan status kepegawaian untuk para perangkat desa untuk segera menerbitkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD).

Bagai gayung bersambut kabar baikpun datang dari Kabupaten Wonosobo karena Bupati Wonosobo kabarnya sekarang lagi membahas dan menggodok tentang Perbup NIPD bagi perangkat desa ucap Fathur Rofik Sekretaris Desa Temanggungan yang juga menjadi Sekjen PPDI provinsi Jawa Tengah. (pul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *