Achmad Rifki dan Nurul Hidayah Juara Pertama Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Wonosobo Tahun 2020

Juara Pertama putra dan putri terpilih, adalah Achmad Rifki dan Nurul Hidayah. Sementara Juara kedua putra - putri adalah Lazuardo Agam Perbawa dan Nunung Latifah, serta Juara ketiga adalah Alfa Agus S dan Rani Setyani. (foto/ist)

Wonosobo -Grand Final seleksi Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Wonosobo Tahun 2020 digelar di Ballroom Harvest Front One pada Rabu (1/7/2020).

Terpilih sebagai Duta GenRe untuk tahun ini, 4 remaja putra dan 3 remaja putri, yang dinilai memiliki kecakapan dan keterampilan untuk membantu pemerintah, dalam upaya meningkatkan indeks pengetahuan reproduksi remaja melalui pemanfaatan media ramah remaja.

“Duta GenRe terpilih kami harapkan untuk juga dapat meningkatkan jumlah akses informasi terkait kesehatan reproduksi pada para remaja, serta menurunkan ASFR, atau Age Specific Fertility Rate alias angka kelahiran pada perempuan usia 15-19 Tahun,” tutur Asisten Pemerintahan Setda, M Aziz Wijaya.

Para duta GenRe terpilih telah melewati sejumlah tahapan seleksi secara virtual karena situasi Pandemi Covid-19.

Menurut Azis juga mereka diharapkan berperan sebagai role model, atau teladan bagi remaja-remaja lain sebaya, khususnya dalam hal pemahaman terhadap kesehatan reproduksi remaja.

“Duta Generasi Berencana ini mesti aktif di pusat informasi konseling remaja, serta aktif pada upaya-upaya promotif melalui media digital yang relevan seperti medsos maupun website,” lanjut Aziz.

Peran penting Duta GenRe dalam upaya meningkatkan kesadaran akan kesehatan reproduksi pada remaja, disebut Azis akan menjadi bekal penting bagi Bangsa Indonesia dalam menghadapi era emas 2045, yaitu harapan akan terwujudnya bonus demografi dimana jumlah penduduk di usia produktif mencapai puncak.

Karena itulah, lima transisi kehidupan remaja, mulai dari melanjutkan pendidikan, membangun karir, membina keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta menerapkan pola hidup bersih sehat dan bersosialisasi kepada masyarakat, disebut Aziz mesti dipahami dan disebarluaskan kepada sebaya oleh para duta GenRe Kabupaten Wonosobo.

Dari hasil penilaian para juri pada tahap Grand Final yang diikuti 15 peserta, terpilih 7 remaja dalam kategori Juara 1, 2, 3 serta Duta Favorit, Duta Influencer dan Duta Berbakat.

Untuk Juara Pertama putra dan putri terpilih, adalah Achmad Rifki dan Nurul Hidayah. Sementara Juara kedua putra – putri adalah Lazuardo Agam Perbawa dan Nunung Latifah, serta Juara ketiga adalah Alfa Agus S dan Rani Setyani.

Selain itu, dipilih pula Duta Genre kategori Favorit yang dinilai dari popularitas mereka di media sosial, yaitu Lazuardo Agam dan Nurul Hidayah. Terpilih pula Duta GenRe Berbakat yaitu Alfa Agus S dan Rani Setyani, serta Duta GenRe Influencer yaitu Pratama Bagus Syahputra dan Nunung Latifah. ( red/gon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *